• Q U A L I T Y A S S U R A N C E

Scherzo Naiborhu: University of Glasgow Master Degree Scholarship Awardee

Wednesday, 17 October 2018 08:10 by Administrator

Sebagai kampus berstandar internasional, President University berupaya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa dan alumninya untuk melanjutkan studi maupun program pertukaran pelajar di luar negeri. Scherzo Wahid Naiborhu, salah satu alumni jurusan Manajemen angkatan 2012 President University berhasil mendapatkan beasiswa S2 ke University of Glasgow, Inggris.

Menurut Scherzo, Ia sangat bersyukur dirinya bisa menerima beasiswa bergengsi tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa ia telah beberapa kali mendaftar beasiswa. “Ini merupakan beasiswa ke sembilan yang telah saya daftar. Tetapi, kegagalan dari sebelumnya tidak membuat saya menyerah. Kali ini kesempatan datang dari President University yang telah membuat kerja sama yang sangat menarik dengan University of Glasgow, salah satu universitas tertua di dunia,” ujar pria asal Batak yang sekarang bekerja sebagai analis di salah satu Bank multinasional di Indonesia.

Semasa kuliah Ia aktif dalam organisasi dan mengikuti lomba. Ia merupakan penerima beasiswa China Harbor dan menjadi perwakilan Indonesia dalam berbagai ajang seperti World Culture Forum, Orange ASEAN, ASEAN-Korea Youth Network Workshop, dan lain-lain.

Scherzo mengatakan terdapat dua hal utama dalam mempersiapkan pendaftaran beasiswa, yaitu pendaftaran untuk kuliah di University of Glasgow dan pendaftaran beasiswanya. Langkah pertama adalah mendapatkan offering letter dari University of Glasgow terlebih dahulu dengan mengirim beberapa dokumen seperti esai, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, scan ijazah, dan lain-lain. Setelah mendapat offering letter, lalu mendaftar untuk beasiswanya ke International Partnerships Office President University.

Bagi yang ingin mendaftar beasiswa ini, Scherzo membagikan beberapa tips, “Saat menulis essay, buat sederhana dan tidak perlu bertele-tele namun dapat merangkum semua poin yang akan kita tuliskan. Persiapkan diri untuk interview semaksimal mungkin, berlatih dan juga lakukan riset terhadap univesitas tersebut. Dan jangan lupa untuk meminta doa kepada orang tua,” ungkapnya.

Proses belajar di President University yang menggunakan bahasa English bagi Scherzo sangat membantu dalam test IELTS, interview, dan menulis esai. “Sistem presentasi di President University memungkinkan saya mempunyai kemampuan berbicara di depan umum yang baik dan percaya diri saat wawancara. Kualitas pembelajarannya pun sangat baik,” tutur Scherzo.

Program ini merupakan hasil kerja sama dari President University dengan University of Glasgow yang memungkinkan alumni President University untuk mendapat beasiswa penuh untuk belajar disana, hal tersebut menjadikan President University satu-satunya perguruan tinggi swasta yang mendapatkan kesempatan tersebut.

COMMENT FORM